Dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, seddiam nonumy eirmod tempor. invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadip- scing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua. Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur.
 

Kelebihan Tembaga sebagai penghantar listrik

Sifat dasar yang sangat penting dari suatu penghantar listrik adalah

  1. Tahanan jenis listrik (Arus listrik yang mengalir dalam penghantar selalui mengalami tahanandari penghantar itu sendiri)
  2. Koefisien suhu tahanan (Suatu bahan akan mengalami perubahan isi apabila terjadi perubahansuhu,memuai jika suhu naik dan menyusut jika suhu dingin, tentunya akanmempengaruhibesar nilai tahanannya)
  3. Timbulnya daya elektro-motoris termo (Sifat ini penting terhadap dua titik kontak yang terbuat dari dua bahanyangberlainan, karena pada rangkaian arus akan terbangkit daya elektro motoris – termotersendiri bila ada perbedaan suhu. Karena elektromotoris ini dapat tinggi,sehinggadapat menyimpangkan dayapengukuran arus atau tegangan listrik yangsangat kecil.Besarnya perbedaan tegangan yang terbangkit tergantung dari sifat-sifat kedua bahandan sebanding dengan perbedaan suhunya. Daya elektro-motoris yang terbangkit olehperbedaan suhu dinamakan : daya elektro motoristermo)
  4. Daya hantar panas (Daya hantar panas ini menunjukkan jumlah panas yang melalui lapisan bahantiap satuan waktu dalam satuan kkal/m.jam, derajat. Pada umumnya logammempunyaidaya hantar panas yang tinggi sedangkan pada bahan-bahan bukan logam  rendah)
  5. Kekuatan tegangan Tarik (Sifat mekanis ini penting untuk hantaran di atas tanah, maka bahan yangdipakaiharus diketahui kekuatannya lebih-lebih menyangkut tegangan tinggi.Penghantarlistrik dapat berbentuk padat, cair, atau gas. Yang berbentuk padatumumnya logam,elektrolit dan logam cair (air raksa) merupakan penghantar cair,dan udara yangdiionisaikan dan gas-gas mulia (neon), kripton, dan sebagainya)sebagai penghantar bentuk gas)
Pemakaian tembaga pada teknik listrik yang terpenting adalah sebagai penghantar, misalnya : kawat berisolasi (NYA, NYAF), kabel (NYM, NYY, NYFGbY), busbar, lamel mesin dc, cincin seret pada mesin ac, dan lain-lain.Tembaga mempunyai ketahanan terhadap korosi, oksidasi

Tembaga adalah bahan tambang yang diketemukan sebagai bijih tembaga yang masih bersenyawa dengan zat asam, asam belerang atau bersenyawa dengan kedua zat tadi. Dalam bijih tembaga juga terkandung batu-batu. Tembaga terdapat di Amerika Utara, Chili, Siberia, Pegunungan Ural, Irian Jaya dan sebagainya.
 
Sifat-sifat tembaga
Produksi tembaga sebagian besar dipergunakan dalam industri kelistrikan, karena tembaga mempunyai daya hantar listrik yang tinggi. Kotoran yang terdapat dalam tembaga akan memperkecil/mengurangi daya hantar listriknya. Selain mempunyai daya hantar listrik yang tinggi, daya hantar panasnya juga tinggi; dan tahan karat. Oleh karena itu tembaga juga dipakai untuk kelengkapan bahan radiator, ketel, dan alat kelengkapan pemanasan. Tembaga mempunyai sifat dapat dirol, ditarik, ditekan, ditekan tarik dan dapat ditempa (meleable).
Karena pemakaian meningkat, bahan cadangan untuk mengganti tembaga sudah dipikirkan. Bahan pengganti yang agak mendekati adalah alumunium (Ai). Akan tetapi daya hantar listrik maupun daya hantar panas dari alumunium lebih rendah dibandingkan tembaga. Titik cair tembaga adalah 1083° Celcius, titik didihnya 2593° Celcius, massa jenis 8,9, kekuatan tarik 160 N/mm^2. Kegunaan lain dari tembaga ialah sebagai bahan untuk baut penyolder, untuk kawat-kawat jalan traksi listrikl (kereta listrik, trem, dan sebagainya), unsur hantaran listrik di atas tanah, hantaran penangkal petir, untuk lapis tipis dari kolektor, dan lain-lain.

 

0 komentar:

Posting Komentar